MSG atau yang biasa kita kenal dengan micin, adalah bumbu ajaib yang bisa membuat kegurihan makanan meningkat. Bumbu yang biasanya berdampingan dengan garam dan gula ini, jadi komposisi wajib dari sebagian besar masakan Indonesia.

Meski banyak orang menghindari penggunaan micin karena dianggap tidak sehat, namun tidak ada penelitian yang secara sahih membuktikan micin bertanggung jawab atas berbagai masalah kesehatan serius yang selama ini sering ‘dituduhkan’ kepadanya.

5 Negara ‘Termicin’ yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG
Bumbu sakti.
Foto: ricebowlasia.com

Sejalan dengan peredaran micin yang tidak dilarang, ini bisa jadi pertanda bahwa butiran-butiran pendongkrak rasa ini memang aman dikonsumsi. Karenanya, jumlah konsumsi micin di berbagai negara terbilang cukup tinggi.

Berbincang soal konsumsi micin di dunia, ini dia lima negara dengan konsumsi micin tertinggi di dunia:
 

Tiongkok

5 Negara ‘Termicin’ yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG
Nggak ada musuhnya.
Foto: iStock

Tiongkok memang surganya makanan enak. Sedapnya makanan khas negeri ini memang sudah mendunia sejak sejarah manusia dimulai. Tidak heran, di dunia banyak kawasan ‘pecinan’ yang selalu menjadi tujuan kulineran yang super menarik.

Kelezatan makanan Tiongkok ini rupanya tidak lepas dari peran micin. Selain penjadi produsen terbesar micin, yakni sebanyak 65% dari total produksi micin dunia. Tiongkok juga menjadi negara yang paling banyak mengkonsumsi micin, yakni sebesar 55%.

Indonesia

5 Negara ‘Termicin’ yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG
Sudah kebayang enaknya.
Foto: arah.com

Indonesia adalah produsen micin terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok. Jumlah konsumsi MSG Indonesia pun menduduki peringkat kedua di dunia.

Masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan micin dalam mengolah beragam masakan nusantara yang lezatnya juara. Namun, untuk Foodee yang tidak suka micin, kini sudah banyak restoran warung makan yang menawarkan olahan makanan tanpa MSG.

Thailand

5 Negara ‘Termicin’ yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG
Makanan Thailand emang juara.
Foto: Shutterstock

Soal lezatnya street food, Bangkok adalah kota yang sulit dilawan. Banyak makanan khas Thailand yang gurihnya keterlaluan selalu jadi incaran wisatawan.

Keelezatan makanan di Thailand, bisa jadi adalah berkat dukungan MSG. Thailand menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang paling banyak mengkonsumsi micin.


Vietnam

5 Negara ‘Termicin’ yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG
Segar dan gurih banget.
Foto: Travelmood

Peringkat keempat negara dengan konsumsi micin tertinggi adalah Vietnam. Negara yang juga dikenal dengan beragam kuliner yang menggoda ini cukup toleran terhadap penggunaan MSG.

Meski demikian, belum tentu semua makanan yang dijual di Vietnam mengandung MSG. Karenanya, tidak masalah bagi Foodee yang anti MSG untuk bertanya terlebih dulu terhadap para penjualnya.